<< SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA http://defrikusuma.blogspot.com/ >> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA http://defrikusuma.blogspot.com/>>
https://ads.google.com/aw/diagnostic/AdPreview?ocid=320374935&__c=2823494815&authuser=0&__u=7632948457&lang=id&loc=1007715&device=30000&st=musik+populer&userListId=null

Tuesday, December 25, 2012

Mengenal Pentatonik Minor (Blues) Scale, Cara Bermain Blues

         Pada pembahasan sebelumnya (Traditional 12 Bar Blues), kita membahas bagaimana iringin untuk bermain blues. Nah, sekarang kita membahas bagaimana mengisi iringan tersebut.

               Untuk mengisi iringan tersebut, kita bisa bernyanyi blues atau bermain melodi blues. Karena saya tidak tau bernyanyi, maka kita akan bahas bagaimana cara mengisi dengan bermelodi ria. Jadi pada dasarnya (umumnya) kita bermain di pentatonik minor scale (blues). Pentatonik minor ini adalah sebuah tangga nada yang dimana hanya terdapat 5 nada, yaitu 1 b3 4 5 b7.

Berikut tablaturnya untuk anda yang ingin belajar Pentatonik tersebut. Tablatur ini saya tuliskan dalam A Pentatonik minor.

              Itu adalah scale A pentatonik minor. Tablatur di atas adalah dasar untuk kita bermain blues. Latih dan hafal bila perlu tablatur ini. Dan andajuga bisa menambahkan teknik-teknik khusus. Setelah hafal satu persatu, anda juga bisa menggabungkan keseluruhan formasi di atas, anda juga bisa memainkannya secara descending maupun ascending (lihat tangga nada mayor)
              Tablatur ini di tuliskan dari nada dasar A (sama seprti contoh 12 bar blues). Nah, anda juga bisa mengganti ke nada dasar yang lain dengan teori pergeseran tanpa merubah formasinya.
              Cara menggunakannya gimana????
              Setelah menghafal scale tersebut,. bisa ajak salah satu temanmu (yang bisa main gitar) untuk mengiringimu dengan traditional 12 bar blues. lalu kamu mainkan scale pentatonik minor ini, bisa dengan memainkan nadanya secara acak atau berulang-ulang, yang penting menghasilkan nada yang bagus. ingat, jika iringannya bermain dari nada dasar A, maka anda juga harus memainkan pentatonik dari nada dasar A. Begitu juga misalnya iringannya bermain 12 bar blues dari E, maka menggunakan E pentatonik minor.
              Jangan lupa gantian dengan temanmu untuk bermain melodinya, supaya seru. Dan Duuaaaarrrr...... andapun bermain blues.

Selamat Mencoba
semoga bermanfaat..