<< SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA http://defrikusuma.blogspot.com/ >> << SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA http://defrikusuma.blogspot.com/>>
https://ads.google.com/aw/diagnostic/AdPreview?ocid=320374935&__c=2823494815&authuser=0&__u=7632948457&lang=id&loc=1007715&device=30000&st=musik+populer&userListId=null

Tuesday, December 25, 2012

Jalur melodi pada gitar


     Pelajaran ini aku dapatkan sewaktu aku masih ikut les gitar dulu, aku sebut jalur melodi, karena jalur ini yang digunakan untuk memainkan melodi agar berirama dengan lagu yang diiringi. Di setiap kunci pada gitar mempunyai jarur melodi yang berbeda beda, jalur melodi itu sendiri juga mempunyai banyak jenisnya dan juga berbeda beda tentunya .
      Saya ambil contoh jalur melodi pada kunci c. Pada kunci c mempunyai banyak jalur melodi contohnya : mayor scale, pentatonic mayor, blues mayor, minor , melodic minor, harmonic minor, pentatonic minor, blues minor, augmented, be-bop, Chromatic, whole-half, whole tone, augmented-fifth, algerian, arabian, balinese, bartox, bizantine, chinese, egyptian, enigmatic, spanish, Ethiopian, Gypsy, hungarian gypsy, iwato, japanese,javanese, jewish, hawaiian, hungarian minor, hungarian major, oriental, overtone, mixolidian, jazz minor, blus mode, major arpeggio, minor arpeggio, major 7th major arpeggio, major7th minor arpeggio , dan masih banyak lainnya . pada penggunaan jalur melodic agar seirama dengan lagu harus disesuaikan dengan jenis lagu , contohnya untuk jalur melodic arabian ( seperti yang saya sebutkan diatas ) akan cocok jika dimainkan dengan lagu yang bertemakan arabian. begitu juga seperti lagu blues jika yang digunakan jalur melodic arabian mungkin lagu yang dibawakan tidak akan bernada blues. Dan begitu juga pada jalur melodic lainnya .
                Dibawah ini akan saya beri contoh salah satu jalur melodi, yaitu jalur c mayor . lihat pada gambar di bawah ini

    Urutan dan jarak tangga nada pada jalur C mayor adalah C – D  - E – F – G – A – B – C  jaraknya : 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 - 1 – ½  yang bunyinya menjadi  do – re – mi  -fa – so – la – si – do’ . terus sampai kembali ke nada DO lagi. Dan kira kira bagian jalur melodi C seperti pada gambar diatas .